Melihat banyak komentar yang ada pda blog milik Anda terkadang menimbulkan rasa senang dan juga kebanggaan karena artinya blog Anda digemari oleh banyak orang, namun apakah link nofollow pada komentar mempengaruhi SEO blog? Jawabannya adalah iya mengingat terkadang banyak orang yang menuliskan komentar pada blog Anda dengan menggunakan link untuk meningkatkan blog milik mereka sendiri.

Apakah Link Nofollow Pada Komentar Mempengaruhi SEO Blog dan Apa Efeknya

 Link Nofollow merupakan suatu nilai ataupun bentuk dari atribut HTML yang menerangkan, menunjukkan serta menjelaskan pada beberapa mesin pencari atau mesin penelusur untuk tidak mengikutkan dan menyertakan hyperlink atau alamat website seseorang ke dalam indeks milik Anda dan tidak akan mempengaruhi link target dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh mesin penelusur. Nofollow berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan kegiatan spam atau menyampah pada mesin pencari sehingga bisa menurunkan sebuah kualitas dari hasil pencarian yang dilakukan oleh mesin penelusur.

Biasanya link ini digunakan untuk mencegah sekaligus mengurangi komentar-komentar spam baik yang berguna maupun tidak dalam indeks sebuah mesin pencari sehingga bisa menurunkan kualitas dan juga nilai sebuah halaman pada website atau blog milik seseorang tersebut, karena tag yang dikeluarkan dari halaman website tidak akan bisa diakses oleh sistem yang ada dalam mesin penelusur jika ditemukan link nofollow pada halaman website itu. Penggunaan link nofollow ini bukan berarti akan menutup ataupun memblokir sebuah konten halaman yang ada pada indeks oleh mesin pencari.

Apakah link nofollow pada komentar mempengaruhi SEO Blog? Ada beberapa saran dari internet yang mengatakan bahwa link nofollow masih memiliki sedikit efek pada SERP walaupun kecil. Dalam beberapa postingan yang ada di internet menunjukkan bahwa beberapa dari mereka menekankan bahwa link nofollow sedikit memiliki efek, setidaknya untuk sebuah visibilitas yang artinya menunjukkan bahwa sebuah blog atau halaman website benar-benar ada tapi tidak memiliki ranking. Hal ini berlaku apabila berada pada bagian halaman yang sifatnya utama seperti postingan, halaman social bookmarking dan juga bagian halaman utama yang lainnya. Meskipun demikian, sejauh ini beberapa orang tidak melihat bagian yang signifikan dari link nofollow yang ada di dalam beberapa komentar berpengaruh secara langsung terhadap SEO.

Terkadang, ada sebagian orang yang memiliki anggapan bila membuat sebuah link nofollow bisa sangat baik apabila link yang diarahkan adalah website ataupun blog lain yang tidak diketahui pasti keabsahan dan juga keasliannya. Beberapa website atau blog seperti situs perjudian, situs yang mengandung hal-hal dewasa, situs yang dianggap memiliki banyak spam, dan situs berbahaya lainnya jangan sampai Anda pasang link Dofollow karena bisa membuat reputasi website atau blog yang Anda miliki menjadi buruk bagi pengunjung situs.

Jadi pertimbangkanlah dengan baik ketika Anda membuat sebuah link eksternal. Anda harus memahami betul tentang kondisi dan juga situasi website ataupun blog yang telah Anda arahkan tersebut. Apabila website itu mempunyai reputasi yang baik dan juga bermanfaat untuk semua orang yang mengunjunginya, maka tidak akan ada salahnya bila memberikan link dofollow pada situs tersebut. Juga sebaliknya, hal yang sama harus Anda lakukan bila website tersebut ternyata memiliki reputasi yang buruk, sebaiknya Anda gunakan link nofollow supaya jika terjadi sebuah masalah pada website tersebut, Anda tidak terkena imbas dan akibatnya.

Apabila pertanyaan tentang apakah link nofollow pada komentar mempengaruhi SEO blog sudah terjawab dengan jelas, maka diharapkan sebagai salah satu blogger, Anda bisa mengambil keputusan sendiri tentang memasang link tersebut atau tidak sesuai dengan keinginan Anda.